ads

Resep Membuat Masakan Ayam Bungkus

Resep Membuat Masakan Ayam BungkusMasih berbahan ayam ya bunsis. Kali ini kita akan membuat masakan ayam bungkus. Masakan ini tidak kalah enaknya dengan resep masakan ayam yang lain, karena ayam bungkus ini memiliki rasa yang sangat empuk. Cara ayam menjadi empuk yaitu ayam ini dibungkus dan dioven.

Oh ya bunsis, harus ingat ya untuk membungkus ayam ini bunsis harus menggunakan alumunium foil karena nantinya akan dimasukkan ke dalam oven. Tapi bisa juga kok bunsis membungkusnya dengan bahan daun, tapi caranya bukan di oven. Bunsis bisa mengukusnya di dalam panci. Kalau begitu tanpa basa basi lagi ini dia bahan dan cara membuat masakan ayam bungkus khusus buat bunda dan sista.

resep membuat ayam bungkus
Resep Masakan Ayam Bungkus

Bahan Ayam Bungkus

  • 4 paha potong paha ayam
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 2 batang daun bawang yang diiris kasar
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Ayam Bungkus

  • 50 gram bawang bombai yang dicincang kasar
  • 5 siung bawang putih kemudian haluskan
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk

Cara Membuat Ayam Bungkus

1. Campurkan kecap asin, bawang putih yang sudah halus dan perasan jeruk nipis. Kemudian masukan potongan paha ayam kedalam bumbu tersebut kurang lebih sekitar 2 jam sampai bumbu meresap

2. Siapkan bawang bombay yang sudah di cincang tadi kemudian tumis sampai keluar aroma harum. Tambahkan merica bubuk, saus tiram serta pala bubuk dan aduk sampai merata kemudian angkat.

3. Campurkan bumbu yang ditumis barusan kedalam rendaman ayam tadi, aduk-aduk sampai merata. Bungkuslah paha ayam yang sudah berbumbu tadi dengan alumunium foil.

4. Panggang bungkusan ayam tersebut kedalam oven dengan suhun sampai 160 derajat kurang lebih 30 menit, dan keluarkan.

5. Sajikan ayam bungkus untuk 4 porsi, agar lebih nikmat bunsis bisa menambahkan setup sayuran.

Tips Penting !
Jika bunsis tidak punya jeruk nipis bunsis bisa mengganti air jeruk nipis dengan air perasan jeruk lemon. Satu lagi yang paling penting dari masakan adalah nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Nilai gizi perporsi dari ayam bungkus ini adalah :
Energi: 388.6 Kkal
Protein: 33.9 g
Lemak: 27.4 g
Karbohidrat:
Kolesterol: 98.7 mg
Sekian bunsis resep cara membuat masakan ayam bungkus ini. Selain bunsis bisa mendapatkan rasa yang enak dan empuk bunsis juga bisa mendapatkan nilai gizi baik yang pas untuk energi sehari-hari. Selamat mencoba ya bunsis ! Salam.

Posting Komentar