ads

Cicipin Lontong Pecel di Pangandaran Hanya Rp.5000 Saja, Nikmat!

Hai sahabat, beberapa waktu lalu saya habis jalan-jalan ke Pangandaran lagi. Ko Teh Iyen sering banget ya jalan-jalan ke Pangandaran?? Yupz, kebetulan kan mertua alsi Pangandaran, sekalian nengokin beliau sekalian juga sambil jalan-jalan, dan InsyaAllah gak akan lama lagi saya akan mulai menetap di Pangandaran. Kabar baiknya saya akan lebih banyak memberikan informasi menarik seputar Pangandaran baik dari segi wisata, kuliner atau budaya dan lain sebagainya.

Seperti kita tahu Pangandaran bisa disebut sebagai tempat wisata favorit di Jawa Barat, gak heran kalau akhir pekan wilayah tersebut selalu di padati pengunjung, apalagi pas libur panjang, tahun baru, natal dan lebaran. Kota kecil di Ujung Jawa Barat tersebut penuh sesak oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat, Jakarta dan Jawa Tengah.

Ada banyak tempat wisata yang bisa temen-temen kunjungi disana, tapi kali ini kita akan sedikit berikan informasi kuliner yang patut di coba, Yupz, kali ini kita akan cicipi nikmatnya lontong pecel Pangandaran. Kalau di Bandung menu ini memang jarang, kebanyakan paling lotek, sekilas memang mirip antara lotek dan pecel tapi sebenarnya berbeda. Pecel terdiri dari lalapan yang di kukus atau rebus seperti daun bayam, kangkung, kacang panjang, tauge, kecombrang (Boros), pepaya yang direus dan di serut panjang-panjang, dan lain sebagainya kemudian di siram dengan sambal kacang.

Pecel Khas Pangandaran
Menu Pecel Lontong Pangandaran
Agar lebih nikmat menyantap pecel dengan lontong atau "Leupeut" plus "Mendoan tempe". Nah untuk mendoan tempe mungkin seperti gorengan tempe hanya saja mendoan tempe lebih lembut dan tidak terlalu garing, tapi rasanya nikmat banget!

Untuk mencicipi Lontong pecel temen-temen bisa menuju wilayah Pantai Barat Pangandaran, lokasinya sekitar 200 meter sebelum pintu masuk Cagar Alam disana ada ibu-ibu yang berjualan Lontong pecel, biasanya kalau jam 10 pagi menjelang siang suka penuh dengan nelayan yang sedang menyantap menu pecelnya. Harganyapun cukup terjangkau, cukup dengan Rp.5000 saja kamu bisa nikmati seporsi Lontong pecel plus satu mendoan. Cukup murah bukan???

Oh ya jika ingin membuat menu pecel sendiri, saya akan berikan Resep Pecel Pangandaran untuk temen-temen semua.

Bahan:
  • Daun Bayam
  • Kangkung
  • Tauge
  • kacang panjang yang masih seger di potong per 5 cm, Kecombrang (Boros) bunganya
  • Pepaya yang diiris kecil
Bahan diatas direbus hingga matang, kalau bisa jjangan terlalu matang agar tidak lembek, setengah matang lebih baik.

Bahan Sambal Kacang:
  • Kurang lebih 300 gram Kacang tanah yang sudah digoreng
  • Cabe rawit secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Terasi bakar secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air asam 2 sdm
  • Kencur sebesar ibu jari
  • 4 lembar daun jeruk yang diiris halus
  • Bawang putih 1 siung
Cara Membuat Sambal Kacang:

Kalau saya lebih seneng pake ulekan (Cowet) ketimbang blender karena rasanya lebih enak. Caranya bahan-bahan sambal kacang diatas di ulek hingga halus kemudian campurkan sedikit demi sedikit kacang yang sudah digoreng dan ulek hingga menjadi halus, sesekali cicipi hingga rasanya pas.

Cara Penyajian Lontong Pecel:

Siapkan sayuran yang sudah direbus tadi pada piring kemudian sambal kacang tadi tambahkan dengan sedikit air agar sambal menjadi mengental dan siram diatas sayuran tadi. Nikmati dengan nasi lontong dan mendoan. Hmmmm, pasti nikmat banget! Selamat mencicipi! Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk temen-temen semua. Salam.

Posting Komentar